The Tielman Brothers – Pionir Musisi Rock Dunia Yang Sesungguhnya !

image

Hay mas-bro & mbak-sist semuanya ! . . . .

ABS – Jangan bilang The Beatles ataupun The Rolling Stones lah yang menjadi pionir musik rock di dunia ! . . .

Apakah anda tahu ? . . .
Ternyata pionir musik rock kelas dunia itu asalnya malah dari Indonesia (Tepatnya Hindia-Belanda, wong dulu belum merdeka kan !). Siapa dia ? Dialah “ The Tielman Brothers“. Band asal Kupang, NTT inilah yang sebenarnya lebih tepat menyandang gelar “The Pioneer of Rock Music“. Berikut ini adalah oret-oretan yang ABS dapat dari Google.

The Tielman Brothers, adalah sebuah grup musik tertua asal Indonesia (1945an). Pertama kali bernama The Timor Rhythm Brothers pada tahun 1945. Lalu diubah menjadi The Four Tielman Brothers pada tahun 1957 dengan formasi;
– Andy Tielman (#1 guitar, vocals, band leader)
– Reggy Tielman (#2 guitar, vocals),
– Ponthon Tielman (double bass, vocals),
– Loulou Tielman (drums, vocals)
Nama “The Tielman Brothers” akhirnya dijadikan nama terakhir band mereka pada tahun 1960. Mereka adalah anak dari Herman Tielman (Kupang, NTT) & Flora Lorine Hess (Kalau nggak salah orang Semarang, Jateng). Mereka bermain musik aliran Rock and Roll. Orang di Belanda menyebutnya musik Indorock, (Perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong).

Artikel ABS Tentang Sejarah The Tielman Brothers

Pada tahun 1950an, The Tielman Brothers yang menjadi perintis musik Rock n Roll di Belanda ini telah berhasil menembus dunia musik internasional. Band ini juga sangat populer di daratan Eropa, bahkan jauh lebih dulu terkenal daripada The Beatles (1960an) dan The Rolling Stones (1960an).

Mengawali karier dengan memainkan lagu-lagu daerah & menampilkan tarian-tarian tradisional Indonesia. Hingga akhirnya mereka melakukan tour di sepanjang perkemahan prajurit Belanda. The Tielman Brothers juga pernah tampil di Istana Negara Jakarta di hadapan Presiden Soekarno. Pada tahun 1957, The Tielman Brothers hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Kepindahan itu dilakukan karena Herman Tielman, (Ayah sekaligus manajer Tielman bersaudara), berpendapat bahwa masa depan Tielman bersaudara akan lebih terjamin jika berada di Belanda.

Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda.
Tetapi ini menjadi Ironi yang sangat mengenaskan ketika di Indonesia sendiri nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing & tak banyak diketahui banyak orang.

image

The Tielman Brothers dipercayai lebih dulu memperkenalkan musik Rock sebelum The Beatles . Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Dengan membawa budaya tropis dan kecintaan kepada gitar, mereka melahirkan aliran “Indorock” yang bercirikan dominasi gitar yang dipadukan dengan musik Hawaii, country, dan Rock n Roll.
Panggung tempat mereka bermain selalu dipenuhi aksi-aksi spektakuler di
jamannya, seperti style bermain gitar dengan meliuk-liuk ala Heavy Metal tahun 1980an, aksi manggung liar ala Punk, main drum sambil berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan mbetot bas di0bawah ala Korn. Jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page, atau Ritchie Blackmore. The Tielman Brothers juga dijuluki The Godfather of Dutch Rock & Roll, The Uncrowned King of Indorock, dan mendapat penghargaan Order of the Orange-Nassau.”
” Makanya tadi ABS bilang kalau The Tielman Brothers adalah pionir musik rock dunia.”

image

Andi Tielman, sang frontman juga terkenal sebagai gitaris Vox Guitar Organ ( gitar yang mampu menghasilkan perpaduan antara suara organ dan gitar, dengan menggunakan beberapa kontrol & tombol yang bisa dibilang tidak mudah untuk dimainkan).
Hebatnya lagi, pada tahun itu (1966an), sangat jarang para gitaris yang mampu menggunakannya di panggung konser. Apalagi Vox Guitar Organ tersebut hanya bisa dimainkan dengan menggunakan sebuah elektronik plectrum yang terhubung dengan PC board pada gitar. Tapi sayangnya gitar tipe ini malah menghilang dari pasaran. Andy Tielman-lah yang terbukti menjadi inovator sejati dalam mencipatakan suara gitar tersebut.
image

image

Andi Tielman sendiri telah meninggal pada tanggal 10 November 2011 karena kanker lambung yang diderita sejak 2009.

. . . . . . .

” Naaah, band inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa ABS suka musik metal (turunan dari musik rock) ! “

. . . . . . .

Monggo pendapatnya mas-bro & mbak-sist ! . . .

image

. . . . . . .

Posted from
Android WordPress for Sony Xperia
Admin Lapak

@ Tangerang, Indonesia

10 thoughts on “The Tielman Brothers – Pionir Musisi Rock Dunia Yang Sesungguhnya !

  1. thx banget koreksinya, tapi setahu saya chuck berry aktif dari tahun 1955. & tielman brothers aktif mulai tahun 1940an.

    & elvis. doi aktif dari 1953-1977

    cmiiw

  2. Ping-balik: Intermezzo – Ciri-ciri Wajah Pria Cerdas | AE1214LS - ABS ½ KOPLINK

Tinggalkan komentar