Asiknya Pakai Nitrogen Buat Ban Sepeda Motor !!

image

Haii mas bro, mbak sist &  para pembaca semuanya ! . . .

Salam sejahtera untuk kita semua !! . . .

AE1214LS – Ada kalanya riding jarak jauh itu menyenangkan, tapi pasti juga melelahkan. Kayak apa yang kemaren ABS alamin waktu riding dari Cengkareng, Jakarta Barat menuju ke perkebunan Temulawak PT. Soho di daerah Nagrak, Sukabumi.
image
image

Nahh, pas mau berangkat, Kakak ABS mampir ke SPBU di Grogol & ngisi angin ban pakai Nitrogen(N2). Sambil ngisi angin, Mas Ran (kakak ipar ABS) ngejelasin berbagai kelebihan Nitrogen buat ban sepeda motor.
image

Berikut ini beberapa kelebihan N2 buat ban sepeda motor,
Keuntungan menggunakan Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban :

Stabilitas kendaraan lebih terjaga karena dengan N2 tekanan angin ban jadi lebih stabil karena partikel molekul nitrogen lebih besar daripada molekul oksigen. Jadi ebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

Daya cengkram dan kinerja ban lebih
optimal karena grip yang baik akibat dari tekanan gas yang tidak berkurang. Juga berakibat untuk mperpanjang masa pakai ban.

Stabilitas temperatur ban jadi lebih baik, karena suhu nitrogen lebih rendah dibanding oksigen. Dengan memakai nitrogen, suhu udara dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun. Sehingga ban juga terhindar dari risiko ban meledak karena kepanasan & kelebihan tekanan.

Tekanan ban terjaga lebih tahan lama, juga bisa menghemat konsumsi BBM karena tekanan angin ban yang pas akan meringankan kerja mesin. Juga tidak terjadi oksidasi pada karet ban.

Tapi dunia ini butuh keseimbangan, makanya tiap ada kelebihan, ada juga kekurangan.
Berikut ini kekurangan gas N2 buat sepeda motor,

Harga yang relatif masih mahal,
Umumnya berkisar sekitar 10ribu sampai
20ribu buat tiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya kalau sebelumnya gas pengisi ban bukan N2, karena harus dikuras dulu & baru diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu – 10ribu rupiah.

Perawatan,
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.

Ketersediaan,
Belum banyak bengkel ban umum/pubggir jalan yang menyediakan jasa pengisian N2.

Mungkin ada yang mau ngeralat ataupun nambahin ?? . .
Monggo !! . . . .

Thanks Reader !! . . .
Monggo !! . . .


Aku Punya Tabung NOS 2 Lhoo Mas !!!
image


Posted from
Android WordPress for Sony Xperia
Admin Lapak

@ Tangerang, Indonesia

28 thoughts on “Asiknya Pakai Nitrogen Buat Ban Sepeda Motor !!

Tinggalkan komentar