Angkutan Massal Cepat Surabaya – Surotram & Boyorail

image

Hai masbro & mbaksist ! . . .

ABS – Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya terus mempersiapkan diri untuk membantu mewujudkan pembangunan angkutan massal Trem & Monorail di Kota Surabaya.

Tim ITS mengusulkan dua nama untuk proyek ini, yaitu Surotram & Boyorail. Surotram adalah nama untuk proyek Trem, sedangkan Boyorail adalah nama untuk proyek Monorel. Nama kedua MRT ini mewakili nama Kota Surabaya, Sura/Suro = Hiu & Boyo/Baya = Buaya. (Sesuai dengan legenda Asal Muasal Kota Surabaya).

Surotram,
image
image

Boyorail,
image
image

Angkutan Massal Cepat Surotram dan Boyorail yang diperkirakan resmi beroperasi pada tahun 2016 itu akan terintegrasi dengan dua moda transportasi lain, yaitu feeder (semacam minivan) dan trunk (semacam minibus). Monorel akan menghubungkan koridor barat ke timur atau dari Lidah Kulon ke Keputih, sepanjang 24 kilometer. Sedangkan trem akan menghubungkan koridor utara ke selatan ( Dari Perak ke Wonokromo, sepanjang 17,14 kilometer).
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji, mengatakan bahwa, biaya investasi Rp 10 triliun itu meliputi pembangunan stasiun, lintasan dan konstruksi, halte, biaya sosialisasi, biaya desain, studi dan supervisi, serta armada dan depo. Nantinya para penumpang akan dikenai tarif Rp 6.000-10.000 per trip.

Peta Rute Surotram & Boyorail.
image

Lain-lain,
image

image
image

Menurut rencana, Pemkot Surabaya akan menyediakan 1.038 feeder atau minivan dengan kapasitas masing-masing 17 penumpang dan melayani 34 trayek. Selain itu, juga akan ada trem atau minibus sejumlah 545 unit berkapasitas 240 penumpang per unit, dan 39 kendaraan lainnya melayani 14 trayek trem dan monorel.
Proyek AMC dilakukan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Surabaya. Data yang dimiliki Dinas Perhubungan Kota Surabaya menunjukkan pertumbuhan sepeda motor mencapai 10 persen per tahun, dan 5 persen per tahun untuk mobil. Jumlah itu mampu mengimbangi pertumbuhan jaringan ataupun kapasitas jalan yang hanya naik rata-rata 4 persen per tahun. Pada 2012, panjang jalan di Surabaya hanya 1.677,05 kilometer. Proyek AMC diperkirakan akan mampu mengurangi kemacetan hingga 50 persen.

VideoTrailer Klik di sini !

Monggo pendapatnya masbro & mbaksist ! . . .
. . . . .

Anda berminat ke Surabaya & mencoba kedua MRT Surabaya nanti ? . .
Bus Balap ini siap mengantarkan anda ke Surabaya,
image

Posted from
Android WordPress for Sony Xperia
Admin Lapak

@ Tangerang, Indonesia

Iklan

17 thoughts on “Angkutan Massal Cepat Surabaya – Surotram & Boyorail

  1. Ping-balik: Adakah Jalan Yang Seunik Ini ? | AE1214LS - ABS ½ KOPLINK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s