ATEG – Bus Terpanjang Di Dunia

image

AutoTram Extra Grand (ATEG) adalah Kendaraan multi unit (seperti kereta) yang memakai ban karet, gabungan dari kapasitas penumpang kereta api kecil dengan sistem manuver sebuah bus. Panjang bus ini 30 meter dan berkapasitas 256 orang penumpang.
image

ATEG terdiri dari tiga badan bus yang
disambungkan dengan pengait engsel (seperti kereta api) dan berlapis karet agar memudahkan badan bus saat berbelok. Dengan badan bus sepanjang itu, ATEG dibuat fleksibel, radius putarnya dibuat sama dengan bus biasa dengan penumpang 40 orang, termasuk saat mundur. Untuk menggerakannya, digunakan motor listrik. Untuk efisiensi, saat direm, energi panas yang timbul diubah menjadi listrik.
image

ATEG menunjukkan teknologi berorientasi masa depan untuk transportasi umum. Sebagai kendaraan transportasi umum tingkat menengah, ini menggabungkan fitur konvensional bus (misalnya tingkat fleksibilitas yang tinggi, biaya infrastruktur yang rendah  dan biaya siklus hidup moderat) dengan keuntungan dari trem, seperti kapasitas muat yang lebih banyak, kenyamanan mengemudi dan memungkinkan pengurangan emisi.
image

ATEG diproduksi oleh produsen bus Göppel Bus GmbH di Thüringen, Jerman.
Telah dikembangkan dan dibangun dalam program penelitian  “Innovative Regionale Wachstumskerne”, yang diprakarsai oleh German Federal Ministry of Education and Research (BMBF), Kementerian Pendidikan dan Penelitian Federal Jerman.
image

AutoTram Extra Grand didasari dari konsep kendaraan yang dikembangkan oleh Fraunhofer IVI, yang menggabungkan keuntungan dari rel dan sistem transportasi jalan raya.
Kendaraan angkutan umum yang inovatif ini telah dikembangkan dalam riset bersama dengan Institut Teknik Tenaga Listrik, TU Dresden, dan Wittur Electric Drive GmbH, yang bertugas mengembangkan mesin kendaraan yang berefisiensi tinggi, Dresden-based M&P motion, control and power electronics GmbH, yang berkontribusi pada daya komputer elektronik, kendaraan dan kapasitas besar. Dresdner Verkehrsbetriebe (DVB) AG yang bertanggung jawab untuk konsultasi di ilmu lalu lintas dan transportasi.

Galeri foto AutoTram Extra Grand (ATEG)
image
image
image
image
image
image
image

Source

Kalau di aplikasiin di Jakarta kayaknya cocok ni, tapi bisa belok nggak ya ? Jalanan Jakarta kan nggak cukup lebar. Terus kalau banjir, bisa nerjang nggak ya ? . .
Hmm . . .

Posted from :
Android WordPress App Sony XTD
Admin @ Facebook

Iklan

27 thoughts on “ATEG – Bus Terpanjang Di Dunia

    • ett dah bneer tuh, bner juga ide kreatif ente, ntr haltenya skalian jadi pnyebrangan, bus panjang macam ni untuk jalan lingkar luar yg mngelilingi kota aja, biar gk repot muter diseting jalan nya hanya bisa maju mundur, bs d kndalikan d depana maupun buritan.
      angkutan yg lbh kecil mlayani rute yg lbh njelimet dalem kota

      top top top

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s